Influencer Marketing: Kunci Keberhasilan Brand Kecantikan

Address

PT Bali Hadiyasa Kreasindo
Jl Jatinegara Barat 124,
Jakarta Timur 13320

Contact
P +62 21 819 2774
E info@garamcollective.com
Follow Us
Influencer Marketing: Kunci Keberhasilan Brand Kecantikan
Useful Tips
June 2023

Industri kesehatan dan kecantikan adalah industri yang pertama kali disebutkan oleh Digital Marketing Institute sebagai industri yang paling mungkin mendapatkan keuntungan dari influencer marketing di Instagram. Influencer harus memiliki kontrol kreatif atas konten mereka, meskipun mereka bekerja sama dengan sebuah brand. Berikut alasan menggunakan influencer marketing untuk brand kecantikan:

1. Influencer Dapat Meningkatkan Penjualan

Data berikut ini menunjukkan jika influencer dapat mendatangkan sales untuk brand Anda.

- Lebih dari 65% konsumen memilih untuk membeli produk kecantikan setelah melihat ulasan media sosial dari para influencer.

- 39% responden membeli produk melalui influencer TikTok, 22% dari influencer Instagram, dan 9% lainnya melalui influencer di Facebook (Shopify).

- 60% pelanggan YouTube menerima saran pembelian dari content creator favorit mereka daripada selebriti TV atau pemain film.

- Di Twitter, 40% pengguna melakukan pembelian karena rekomendasi influencer, 50% sisanya mengandalkan rekomendasi tersebut untuk membuat keputusan.

Statistik ini memberikan alasan kuat tentang influencer yang dapat membangun awareness untuk brand kecantikan.

 

2. Peran Micro Influencer yang Lebih Berpengaruh

Micro influencer memang belum memiliki jumlah pengikut yang besar, namun mereka dapat meningkatkan awareness dan mendorong terjadinya penjualan lebih baik karena angka engagement yang tinggi.

Interaksi ini menjelaskan mengapa konsumen cenderung mempercayai influencer daripada ulasan dari pihak ketiga yang tidak mereka kenal. Statistik yang dibagikan oleh Kynship mengatakan bahwa 67% konsumen yang membeli produk kecantikan mencari influencer untuk mengetahui produk baru di pasaran. Sebanyak 49% pembeli lainnya akan meminta pertimbangan rekomendasi influencer sebelum membeli produk.

Dengan tarif yang jauh lebih rendah daripada influencer mega atau makro, influencer mikro dianggap lebih otentik karena audience mereka lebih mudah berinteraksi. Banyak brand kecantikan merasa lebih hemat biaya untuk bekerja sama dengan beberapa influencer mikro daripada dengan satu influencer superstar.

 

3. Kepercayaan Terhadap Influencer Adalah Hal yang Krusial

Influencer harus mendapatkan kepercayaan di antara para followers mereka agar efektif dalam memberikan pengaruh. Mereka juga harus menjaga kepercayaan tersebut karena followers cenderung mempercayai kata-kata mereka.

Industri kecantikan telah mengambil langkah untuk membangun kepercayaan dan niat baik di antara para influencer dan pengikut mereka. Langkah-langkah ini termasuk mengedukasi para influencer tentang perawatan kulit yang disediakan oleh sebuah brand.

Brand bahkan dapat mempertimbangkan untuk melibatkan influencer dalam proses pembuatan produk mereka. Dengan demikian, influencer dapat menjadi juru bicara yang lebih baik untuk brand dan memasarkan produk secara lebih efektif.

Tertarik untuk menggunakan influencer marketing untuk bisnis kecantikan Anda? Simak cara memilih influencer disini.

 

Categories: